SYARAT PETA ATAU SYARAT PROYEKSI PETA??

Juli 26, 2017

Sekelompok siswa bertanya pada saya saat itu, “kak... syarat peta itu apa?”. Kemudian saya jawab “syarat pet yang baik itu adalah peta itu harus memberikan informasi yang sebenarnya dan peta itu dapat dibaca”. Kemudian seorang siswa menyeletuk, “sudah? Itu saja kak? Trus yang ekuivalent, equidistant sama conform itu apa? Kata guru saya di sekolah dan di buku juga seperti itu”.



Peristiwa ini mengingatkan saya pada zaman kuliah. Ketika dosen kartografi saya memberikan semacam pre-test mengenai syarat peta. Hampir dari kami di kelas menjawab hal yang sama seperti siswa diatas, yaitu equivalent, equidistant dan conform. Dan dosen saya tersebut berkata, “itulah kekeliruan dari jaman dahulu di mata pelajaran kita, geografi”. Selanjutnya kami menyebutnya dengan “dosa turunan geografi”. (hahahha..)
Kali ini saya mengutip buku milik I Made Sandi yang berjudul “Esensi Kartografi”, beliau adalah salah satu dosen Jurusan Geografi UI.

................ syarat daripada sebuah peta yang baik. Syarat yang diharapkan:
1.       Peta itu tidak boleh “membingungkan”
2.       Peta itu harus dapat dengan mudah dimengerti atau “ditangkap maknanya” oleh SI PEMBACA PETA. Ini berarti, bahwa peta tidak boleh menjelimetnya seperti bahannya, apa lagi kalau lebih menjelimet.
3.       Peta itu harus memberikan gambaran yang sebenarnya . ini berarti peta harus cukup teliti, sesuai dengan tujuannya
4.       Karena peta itu dinilai oleh “mata”, maka “wajah” peta itu juga hendaknya sedap dipandang, yang dalam hal ini berarti; a. Rapih b. Bersih.
(I Made Sandi: 1986: 2)

Setelah mengetahui syarat peta tersebut dapatlah kita pahami lebih lanjut. Untuk memenuhi syarat 1, 2 dan 3 maka dibutuhkanlah komponen-komponen dari peta. Seperti yang sudah kita tahu semuanya judul, skala, simbo, legenda, tata warna dan juga proyeksi.

Lalu, equidistant, equivalent dan conform itu apa kak? Jawabanya adalah syarat proyeksi peta.
Dalam memindahkan kenampakan muka bumi dari bentuk bumi sendiri yang bulat ke selembar kertas yang datar ini disebut dengan proyeksi, syarat dari proyeksi peta adalah:
1.      Jarak antara satu titik dengan titik lain dipeta harus sama dengan diatas permukaan bumi JIKA dikalikan skala peta
2.      Luas peta sesuai dengan luas yang sebenarnya JIKA dikalikan dengan skala peta
3.      Bentuk muka bumi di peta harus sama dengan bentuk muka bumi di permukaan bumi sebenarnya.

Jadi sekarang, kita sudah mampu membedakan mana syarat proyeksi peta dan syarat peta itu sendiri.

Demikian sedikit ulasan mengenai “sedikit kekeliruan” yang mungkin kami juga lakukan. Kami memohon maaf atas nama seluruh guru Geografi mengenai kesalahan-kesalahan ini. Kiranya tulisan ini dapat mengoreksi sedikit kesalahan yang sudah terjadi.

Jika tulisan saya ini terdapat kekeliruan mohon kiranya menghubungi kami di email kami maupun di kolom komentar ini

Sumber:Sandy, I Made. 1986. Esensi Geografi. Jurusan Geografi FMIPA UI: Jakarta

You Might Also Like

0 komentar