KLASIFIKASI IKLIM FISIK

April 15, 2020


Penggolongan iklim di dunia ada beberapa klasifikasi, menurut lokasi suatu wilayah terhadap letak astronomisnya maupun letak geografisnya, beberapa ahli pun turut membagi dunia menjadi beberapa iklim. Kali ini, saya akan membahas mengenai klasifikasi iklim fisik. 


Klasifikasi iklim ini dasarnya adalah keadaan sesungguhnya suatu wilayah di permukaan bumi, jauh dekatnya lokasi tersebut dengan lautan, relief muka bumi lokasi tersebut, kondisi angin dan juga curah hujannya. Berikut adalah klasifikasi iklim fisik, diantaranya adalah:

a.       Iklim Laut
Iklim ini dipengaruhi oleh angin laut. Biasanya terjadi karena wilayah tersebut dikelilingi oleh lautan. Iklim ini memiliki amplitudo suhu harian rendah, banyak awan, banyak hujan, memiliki pergantian musim panas dan dingin secara teratur.
Gambar: Kep. Solomon

b.      Iklim Daratan
Iklim ini memiliki amplitudo suhu harian yang sangat besar sedangkan tahunannya kecil. Iklim ini dijumpai di daerah daratan yang luas.


Sumber: Microsoft Student Encarta 2008
Gambar: Gurun Gobi - China
c.       Iklim dataran Tinggi
Ciri iklim ini adalah memiliki udara kering, kelembaban sangat rendah dan jarang turun hujan

Sumber: Microsoft Student Encarta 2008
Gambar: Dataran Tinggi Tibet

d.      Iklim Gunung
Iklim ini dipengaruhi oleh gunung-gunung yang tinggi disekitarnya. Iklim ini memiliki amplitudo suhu kecil dibanding iklim dataran tinggi. Hujan banyak jatuh di lereng bagian depan dan sedikit di daerah bayangan hujan dan kadang turun salju.
Sumber: Microsoft Student Encarta 2008
Gambar: Pegunungan Andes

e.       Iklim Musim
Iklim ini terdapat di daerah yang dilalui oleh angin musim yang berganti setiap setengah tahun. Seperti setengah tahun bertiup angin laut yang basah dan menimbulkan hujan dan setengah tahun berikutnya bertiup angin darat yang kering dan menimbulkan musim kemarau.
Sumber: Microsoft Student Encarta 2008
Gambar: Mumbai-India
Sumber:


You Might Also Like

0 komentar