Bersama Rumah Belajar Seri #4: Kotak Pandora untuk Belajar Menjelajah Luar Angkasa

September 29, 2020

 

Setiap malam, ketika langit cerah bertabur bintang. Sering gak sih kalian kesusahan untuk menemukan dimana letak bintang dan rasainya. Saya selalu mencari Crux, dan orion di langit ketika malam cerah.  Sesekali saya kesusahan mencari dimana Orion berada di langit, karena saya selalu gagal mengingat struktur rasi ini.

Selama ini memanfaatkan Stellarium atau GoogleSkyMaps untuk  mencari bintang di langit. Tapi aplikasi tersebut cukup memakan ruang di smarthphone saya. Ternyata saya menemukan sebuah kotak Pandora ajaib. Satu aplikasi Android yang bisa saya gunakan untuk belajar tentang benda- benda langit kesukaan saya. Aplikasi ini bernama Rumah Belajar. Oh ya, kalian juga bisa membuka nya melalui website Rumah Belajar melalui dekstop.

Wahana Jelajah Angkasa dari Dekstop kita

Nah dalam kotak Pandora Ajaib bernama Rumah Belajar ini, ada suatu fitur yang akan membawa kita menjelajah luar angkasa dan belajar astronomi. Fitur itu adalah Wahana Jelajah Angkasa.

Kenapa saya bilang di Aplikasi Rumah Belajar itu Kotak Pandora? Karena saya bisa menggunakan satu aplikasi smartphone dengan multifungsi. Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Saat saya butuh GoogleSkyMaps atau Stellarium untuk mempelajari konstelasi bintang, galaksi dan langit. Saya tidak perlu lagi instal banyak aplikasi tadi, pakai saja Rumah Belajar di Fitur Wahana Jelajah Angkasa. RumahBelajar sendirikan kita gunakan sehari-hari untuk kegiatan belajar Mengajar. Jadi dalam satu portal kita bisa memiliki banyak fungsi dan kegunaan.

Apa saja sih yang ada di dalam Wahana Jelajah Angkasa? Seperti Aplikasi Astronomi lainnya, kita dapat melihat dan belajar mengenai bentuk galaksi, konstelasi, rasi dan planet serta posisi/ kedudukannya di langit. Fitur Wahana Jelajah Angkasa tidak kalah dan tidak jauh beda dengan aplikasi astronomi lainnya.

Wahana Jelajah Angkasa Versi Android

Di WahanaJelajah Angkasa milik Rumah Belajar ini memiliki kelebihan lain dibandingkan aplikasi astronomis lainnya. Fitur ini gratis dan bebas digunakan, lebih menarik lagi. Wahana Jelajah Angkasa menyediakan ratusan foto-foto galaksi, konstelasi bintang dan bintang dari berbagai teleskop luar angkasa seperti Wise, Chandra, Hubble dan teleskop lainnya. Yang lebih menyenangkan lagi, ketika kita mengklik foto tersebut selain ada nama galaksi, kita akan diantarkan ke dimana posisi konstelasi tersebut di langit. Wow. Menarik bukan.

Buat kamu yang sedang belajar mendalami astronomi, atau peserta KSN astronomi dan kebumian cocok untuk belajar. Atau buat yang sedang belajar Geografi untuk materi dinamika bumi ketika mempelajari Jagad Raya. Fitur Wahana JelajahAngkasa sangat pas untuk kalian gunakan untuk esplorasi langit.

Buat para guru Geografi seperti saya, atau guru fisika mungkin. Yang ingin mengenalkan tentang angkasa dan benda-benda angkasa. Fitur ini sangat cocok buat kita. Selain mudah, murah fitur ini sejalan dengan fitur-fitur yang kita butuhkan dalam pembelajaran.

Sekali dayung dua tiga pulau telampaui, sekali tepuk 10 nyamuk dan 8 lalat dapat dibasmi. Ya itulah kotak Pandora yang saya temukan.

Aplikasi sudah teristall di smartphone. Sudah tak sabar menunggu materi Dinamika Bumi dengan sub materinya Jagad Raya. Ingin sekali segera memberitahu peserta didik tentang fitur ini dan mengajak mereka menggunakan ini untuk belajar tentang galaksi dan planet-planet.

Nah, bagaimana dengan kalian? Saya sudah mengeksplor dan berhasil mengenali bintang favorit saya dilangit. Apa bintang favorit kalian? Sudahkah kalian menemukannya?

 

#pembatik2020 #Pembatiklevel4 #rumahbelajar #wahanajelajahangkasa #merdekabelajar #sahabatrumahbelajar

You Might Also Like

1 komentar