BERSAMA RUMAH BELAJAR SERI #5: Nge-Game Edukatif dengan Edugame untuk si Siswa Gamer

Oktober 02, 2020


Banyak keluhan dari guru dan orangtua, bahwa anak-anak mereka kecanduan dengan game online. Banyak cerita yang akhirnya terangkai selama PJJ, seperti kuota habis bukan karena PJJ tapi karena Game online.

Tak sedikit siswa yang beralasan habis quota atau paket data selama Pembelajaran Jarak Jauh. Lucunya status media sosial selalu update. Bahkan orangtua pun mengeluhkan tenang anak-anak mereka yang selalu main game online.

Di era pembelajaran sekarang, game bisa saja menjadi game edukatif. Itu semua bergantung bagaimana kita memperkanalkan anak-anak akan permainan yang edukatif. Untuk menarik perhatian peserta didik orang tua maupun guru perlu menggabungkan pembelajaran dalam bentuk permainan yang memang diminati anak-anak.

Trend demikian membuat Rumah Belajar mengembangkan fitur terbarunya yaitu Edugame. Fitur edugame menawarkan beragam game interatif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orangtua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan. Dengan kata lain, edugame telah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Jadi para guru tak perlu resah apakah game tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dibutuhkan. Dijamin anak-anak akan antusias belajar sambil bermain. Penulis sendiri merasakan keseruannya.

Seperti contoh permainan yang bertajuk “Petualangan Antariksa II” yang dikhususkan untuk materi pelajaran Matematika SD Kelas II. Didalamnya terdapat soal-soal pembagian dan perkalian yang harus dijawab oleh peserta didik. Dimana soal tersebut berasal dari asteroid yang mendekati pesawat luar angkasa

Pesawat luar angkasa harus membidik asteroid yang ingin dihancurkan. Lalu masukan jawaban dari soal yang ada. Jika benar, maka asteroid akan hancur. Jika salah, maka asteroid akan terus melaju mendekati pesawat luar angkasa dan akan menyebabkan tabrakan antara asteroid dengan pesawat luar angkasa itu.

Menarik bukan. Seolah-olah kita adalah pilot pesawat luar angkasa yang harus menyelamatkan diri atau Bumi dari hantaman asteroid yang mendekat. WOW… dan masih banyak permainan lainnya.

Misi Luar Angkasa adalah salah satu permainan yang ada di edugame

Sebagai guru geografi, tentu penulis tertarik dengan permainan misi luar angkasa. Dalam permainan misi luar angkasa ini, kita harus menembak pesawat luar angkasa musuh dengan mengklik pesawat luar angkasa tersebut dan akan muncul jendela pertanyaan tentang tata surya/ luar angkasa. Kamu harus menjawab pertanyaan tersebut untuk menembak pesawat luar angkasa musuh. Kerenkan.

Memang kebanyakan daftar permainan di edugame masih untuk anak-anak Sekolah Dasar. Dan belum ada game untuk anak sekolah menengah. Tapi tak menutup kemungkinan game tersebut semakin berkembang dan bertambah seiring besarnya minat kita. Sisi bagusnya Edugame hadir untuk siswa kelas dasar adalah dengan mebiasakan siswa untuk bermain game online yang edukatif.

Karena tergolong fitur baru di Rumah Belajar, fitur edugame belum bisa dinikmati di aplikasi Rumah Belajar. Tapi kita bisa mengakses edugame lewat smartphone melalui browser. dan gak kalah dengan tampilan dekstop kok. kita tetap bisa menikmati keseruan memainkan edugame ini.

Nah. Mari beralih dari game online kalian ke game edukatif edugame. Gak kalah serunya kok dengan game online lainnya. Malah dengan edugame kita bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita. tambah pintar kan.

Segera kunjungi laman edugame Rumah Belajar dan rasakan sensasi menariknya belajar sambil bermain.

Selamat Belajar sambil bermain.

Ini kisahku tentang keseruan memainkan beberapa permainan di edugame. bagaiaman? sudah mencobanya?

SRB Kepri 2020 - Riani Rohmawati

#rumahbelajar #pusdatinkemdikbud #merdekabelajar #edugame

You Might Also Like

0 komentar