Bersama Rumah Belajar Series #3: Atasi Dilema Materi Ajar dengan Sumber Belajar

September 27, 2020

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjelajah Youtube untuk menemukan video pembelajaran yang menarik tapi sesuai dengan kurikulum? Berapa lama mengobrak-abrik ratusan web, mencari media interaktif untuk mengajar di kelas besok?

Media Ajar adalah komponen penting seorang guru saat mengajar. Membuat media ajar buat beberapa guru, bukanlah pekerjaan yang mudah. Mencari konten, belajar aplikasi, mengumpulkan gambar. Fiuuh.... Sebuah pekerjaan yang panjang untuk yang belum pernah membuatnya.

Mencari dan mengunduh media ajar adalah salah satu solusi tercepat. Tinggal ketik kata kunci konten yang diinginkan di mesin pencarian tekan enter, ratusan media ajar tersedia di depan mata kita. tapi masalah pun kembali datang. Isi dari media ajar, kadang tidak sesuai dengan kurikulum. Para guru sering menghabiskan banyak waktu untuk mencari media pembelajaran interaktif yang mereka butuhkan di mesin pencarian tanpa membuahkan hasil. Dan akhirnya, kita harus tampil dengan media apa adanya, bahkan ceramah mungkin..

Sebuah fitur yang akan menggembirakan untuk para guru yang sering mengalami permasalahan seperti itu, datang dari Portal Rumah Belajar yaitu Sumber Belajar. Sumber Belajar sendiri merupakan fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru yang telah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan  permainan.

Ada dua kategori konten di dalam sumber belajar yaitu konten video dan audio dan konten video dan audio. Kategori lainnya pun terdiri dari tingkat pendidikan dan mata pelajaran darri Paket B, Paket C, SLB, PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK. Tersedia juga konten non-kurikulum yang berisi pengetahuan umum yang pastinya tetap bisa mendukung kegiatan belajar.

Selain gratis, sumber belajar juga dapat digunakan dalam mode offline. Terlebih dahulu kita mengunduh media ajar terkait yang kita butuhkan sesuai dengan kompetensi pelajaran masing-masing. Kemudian media ajar tersebut dapat ditayangkan ke peserta didik di kelas. Jadi tidak perlu risau jika sekolah tidak memiliki akses internet.

Seperti fitur-fitur Rumah Belajar lainnya, para guru juga dapat berbagi media ajar yang telah dibuatnya ke dalam fitur Sumber Belajar, dengan cara mengunggah konten yang dimiliki ke web Sumber Belajar dan tinggal menunggu verifikasi dari tim penilai dari Pusdatin.

Untuk dapat menjelajah sumber belajar, dengan cara mengunjungi web -disini,  atau unduh aplikasi Rumah Belajar di Playstore sehingga, kita dapat mengakses Sumber Belajar dan semua fitur Rumah Belajar dengan mudah, kapan saja dan dimana saja.

Jadi tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari media ajar di tumpukan video mesin pencari. Cukup kunjungi web Sumber Belajar. Hanya satu klik, satu website saja. Sudah berkunjung ke portal Rumah Belajar hari ini? Masih dilema juga dengan media ajar mana yang mau digunakan?


#gurupenggerak #guruberbagi #rumahbelajar #merdekabelajar #nadiemmakariem #pembatik2020 #PembaTIK2020 #KepriTerdepanIndonesiaMaju #IndonesiaMaju

You Might Also Like

0 komentar