Bersama Rumah Belajar Seri #2 -SOLUSI BEBAN BERAT DI “ PUNDAK” PELAJAR.

September 26, 2020

Bersama Rumah Belajar Seri #2 -SOLUSI BEBAN BERAT DI “ PUNDAK” PELAJAR.

Hal terberat dari tugas seorang pelajar adalah tas sekolahnya. Bayangkan berapa berat beban di pundak mereka? Apa saja sih isi tas sekolah pelajar?

Wajarnya isi tas sekolah seorang pelajar adalah buku referensi atau buku paket. Satu hari saja kita asumsikan 3-4 mata pelajaran di sekolah, 4 buku paket. Belum lagi ibu guru Bahasa Inggris mewajibkan bawa kamus ke sekolah, 5 buku. Ah,,, bapak guru Geografi selalu membawa atlas, 6 buku. Belum buku catatan, buku tugas, buku gambar, bekal makan, kalkulator, alat tulis , dan seterusnya.

See.. berat bangetkan beban pelajar itu.

Buku adalah jendela dunia. Ini adalah kata bijak warisan dari nenek moyang kita. Ya, dengan buku kita bisa melihat hal-hal di luar dari jendela ruangan kita tanpa harus kita pergi ke tempat tersebut. Berbagai macam informasi dan pengetahuan disediakan dalam buku.

Itulah kenapa, di pembelajaran abad 21, kemampuan literasi menjadi modal dasar dan modal utama kita untuk menyelesaikan masalah. Berfkir kritis, kreatif, solutif dan komunikatif. Pembiasaan literasi di sekolah mengakibatkan semakin banyak nya buku yang perlu di baca pelajar nusantara.

Ehhhh.. berapa ribu hektar hutan yang ditebang ya untuk mencetak buku?

Stop. Tak perlu risau dan tak perlu bersedih hati. Di era serba teknologi sekarang, kehadiran buku sudah dapat dikonversi dalam bentuk pdf, epub maupun ebook. Rumah Belajar menawarkan solusi terbaiknya buat kalian, pelajar dengan beban di pundak yang begitu berat. Buat pelajar penggiat lingkungan yang selalu mengkhawatirkan kondisi hutan di negara ini. BSE adalah solusinya.

BSE sendiri adalah fitur utama dari portal Rumah Belajar dibawah naungan Pusdatin Kemendikbud. So masalah kualitas, dijamin sesuai dengan perkembangan kurikulum sekolah terbaru.


Dalam BSE tersedia berbagai buku sekolah elektronik berdasarkan tingkatan pendidikan dan mata pelajaran yang dibutuhkan. Dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK. Dan tak perlu khawatir ini gratis.

Kalian biasa mengunjungi web nya di sini. atau kalian unduh aplikasi Rumah Belajar di Playstore kalian. Dan di Aplikasi Rumah Belajar tidak hanya BSE, tapi fitur-fitur lainnya seperti, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Sumber Belajar, Bank Soal, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa dan PKB untuk guru. Jangan khawatir untuk bapak/ibu guru, karena di BSE juga tersedia buku elektronik untuk guru.

Terbayangkan betapa mudahnya pergi sekolah dan belajar jika kita hanya perlu membawa BSE di Smartphone atau laptop? Tak perlu lagi kita membawa bertumpuk-tumpuk buku dan merisaukan tentang hutan yang harus ditebang untuk sebuah buku yang kalian bawa.

Jadi masih mau bertahan dengan buku-buku fisik atau beralih ke BSE rumah belajar?

  

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK, Mewujudkan Merdeka Belajar.

Merdeka Belajar, RUmah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#merdekabelajar #nadiem makarim #PembaTIK2020 #pembatiklevel4 #rumahbelajar #guruberbagi #gurupenggerak #tributehendriawanwidiatmoko

You Might Also Like

0 komentar