MENGENAL BIOMA PADANG RUMPUT

September 25, 2020

Padang rumput adalah bioma yang sebarannya merata di dunia. Dari daerah tropis hingga ke daerah kutub. Jika pohon dalam hutannya hanya mampu bertahan pada daerah sub tropis, kita mengenalnya dengan bioma taiga. Nyatanya ada bioma yang dapat dijumpai di daerah kutub. Bioma apa itu?

Rumput adalah spesies yang mampu bertahan dalam kondisi apapun. Misalnya, saat musim kemarau, rumput akan menguning, mongering dan mati, tapi ia akan tumbuh subur menghijau saat curah hujan mulai menetes kembali ke Bumi. Dari cuaca terpanas di daerah tropis hingga cuaca terdingin di kutub.

Kini, kita akan mengenal lebih dekat padang rumput yang ada di dunia.

Banyak sekali jenis padang rumput, padang rumput sendiri bisa dikatakan sebagai peralihan antara gurun dan hutan. Beberapa jenis padang rumput diantaranya ada stepa, sabana, praire, dan tundra.

STEPA

Stepa merupakan padang rumput yang luas, dimana hamparan rumput terbentang sangat luas sepanjang mata memandang. Tanpa ada pepohonan maupun semak belukar diantaranya. Stepa memiliki curah hujan yang rendah, dapat dijumpai di daerah tropis hingga sub tropis. Saat curah hujan sangat rendah dan suhu tinggi, wilayah ini akan menyerupai gurun.

SABANA

Sabana sendiri merupakan padang rumput yang diselingi dengan pohon-pohon perdu atau semak belukar yang tersebar dengan jarak yang berjauhan. Curah hujan di sabana sangat dipengaruhi oleh musim. Ketika curah hujan tinggi dan tanaman perdu tinggi, sabana terlihat seperti hutan semak. Suhu udara di sabana sendiri tinggi, dijumpai di daerah tropis hingga subtropis.

PRAIRIE

Prairie atau prairi merupakan padang rumput yang luas berupa dataran, landau dan berbukit . rumput-rumput di prairie merupakan jenis rerumputan yang tinggi dan jarang ditumbuhi pohon.

TUNDRA

Tundra adalah tanah yang tidak berpohon. Tundra berada diantara kutub utara dan hutan boreal. Tundra terlalu dingin untuk ditumbuhi pohon-pohon sehingga hanya lumut dan rumput yang dapat bertahan disana. tundra dibangun dari tanah yang beku yang disebut permafrost. Ketika musim dingin, tundra tertutup oleh es maupun salju tebal. Sedangkan saat musim panas, tundra berbentuk hamparan rumput atau lumut yang luas.


Sekian pembahasan tentang padang rumput kali ini. 

"Tak perlu secantik Mawar dan sebesar beringin. Cukup setangguh rumput yang mampu bertahan dengan kondisi apapun" :D 

You Might Also Like

0 komentar