Bersama Rumah Belajar Seri #1- TERLATIH LATIHAN DENGAN BANK SOAL

September 22, 2020

Halo sahabat rumah belajar? Sedang sibuk apa kalian minggu ini? Sudahkah PTS atau ujian Kompetensi dilakukan di sekolah mu? Apa saja persiapan yang kamu lakukan biasanya menjelang PTS atau ujian kompetensi tersebut? Apakah cukup hanya membaca buku teks dan materi ajar yang berikan guru? Atau kalian membutuhkan amunisi lainnya?

Kali ini, saatnya memperkenalkan sebuah fitur canggih yang dimiliki portal Rumah Belajar yang dikelola langsung oleh Pusdatin dibawah naungan Kemendikbud. Pasti terpecaya dong. Apasih fitur kece dan canggih itu?Fitur yang mampu menawarkan solusi dan kegundahan kalian para guru dan pelajar menjelang PTS, PAS ataupun ujian kompetensi harian. Ya. Namanya Bank  Soal.

Bank soal adalah salah satu fitur utama dari portal Rumah Belajar. Dimana di Bank sual ini berisi kumpulan soal dan materi evaluasi peserta didik yang dikelompokan berdasarkan topic ajar. Tersedia dalam berbagai jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA/MA, SMK bahkan SLB. Jenis soal yang dapat di akses pun bermacam-macam dari latihan, ulangan, ujian untuk berbagai mata pelajaran yang ada di sekolah.

Lalu, siapa saja yang bisa memanfaatkan fitur utama Rumah Belajar ini?

#BANK SOAL UNTUK PELAJAR

Untuk kalian pelajar yang haus akan latihan. Atau kalian yang memiliki tipe belajar kinestetik, dimana kalian perlu mengerjakan sebuah soal atau masalah agar kalian lebih memahami suatu materi. Bank Soal adalah solusi terbaik untuk kalian.

Melalui fitur Bank Soal ini kalian bisa berlatih mengerjakan atau menyelesaikan soal secara gratis. Kalian tinggal memilih dan mencari soal seperti apa yang kalian butuhkan berdasarkan mata pelajaran, jenjang kelas dan materi yang kalian inginkan.

Ada banyak sekali pilihan soal di dalamnya, cukup untuk amunisi dan latihan kalian untuk menghadapi PTS, PAS, uji kompetensi harian atau hanya sekedar latihan saja. Sehingga kalian akan lebih terlatih, dan siap untuk menghadapi segala macam soal yang diberikan oleh guru kalian, mampu memahami materi pelajaran dan tentunya mendapatkan nilai yang memuaskan.

#BANK SOAL UNTUK GURU

Bapak/ibu guru Hebat, pernah gak sih? Bapak/ibu searching referensi/contoh soal di internet untuk membuat instrument penilaian peserta didiknya, tapi tidak mendapatkan soal yang bagus, yang HOTs dan sesuai dengan indikator yang telah bapak/ibu guru tetapkan? Kesel dong pastinya.

Nah, di Bank Soal ada kumpulan soal yang dibuat oleh guru-guru hebat di Indonesia yang kompeten di bidangnya. Karena yang membuat guru-guru hebat maka, sudah pasti soal yang ada di Bank Soal Rumah Belajar sesuai dengan Kompetensi Dasar atau Indikator yang sinkron dengan kurikulum yang ada.

Bapak/ibu guru tinggal Adopsi, Tiru dan Modifikasi soal-soal di Bank Soal untuk dijadikan instrument penilaian di sekolah, yang telah bapak/ibu sesuaikan dengan indicator dan tujuan pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Selain itu bapak/ibu guru juga dapat berkontribusi untuk membagi soal yang dibuat dengan cara mengunggah nya ke dalam fitur bank soal. Sehingga soal-soal yang telah bapak/ibu buat bisa diakses oleh peserta didik bapak/ibu atau diakses oleh orang lain yang membutuhkan. Dengan adanya Bank Soal kita bisa mendapatkan inspirasi dan gambaran berbagai model soal dan berbagi kepada sesama guru atau sarana latihan peserta didik lain di seluruh Indonesia.

Indahnya berbagi.

Nah, Menarik sekali bukan fitur Bank Soal Milik portal Rumah Belajar ini. Masih ragu untuk berkunjung dan berselancar ria di salah satu fitur canggih Rumah Belajar. Sudahkah kalian mengenal dan memanfaatkan Bank Soal di portal Rumah Belajar?

Berikut ini link Bank Soal yang dapat Sahabat Rumah Belajar kunjungi:

BANK SOAL- klik disini

Itu baru salah satu fitur canggihnya portal Rumah Belajar Kemendikbud. Tunggu fitur-fitur lain dari portal Rumah Belajar ini di seri selanjutnya ya… Sampai Jumpa

Salam dari saya Riani Rohmawati-SRB Kepulauan Riau Tahun 2020

#sahabatrumahbelajar #MerdekaBelajar #NadiemMakariem #PembaTIK2020 #Pembatiklevel4 #RumahBelajar #guruberbagi #gurupenggerak #tributehendriawanwidiatmoko #SRBKepri #kepri

You Might Also Like

3 komentar