PORTOFOLIOKU ADALAH PERJALANANKU

Oktober 12, 2020

Izinkan saya menuliskan Portofolio dalam sebuah kisah perjalanan, sebuah bukti bahwa saya tumbuh dan berproses dari perjalanan ini.
Jika kalian bertanya tentang karya saya, maka itu adalah pertanyaan paling sulit untuk saya jawab. Ya. I was nothing. Saya belum memiliki karya apapun.Saya bilang belum ya, kecuali kalian menghitung skripsi dan PTK yang saya tuliskan untuk menyelesaikan studi S1  dan studi PPG itu sebagai sebuah karya.
Mungkin saya mulai membuat 'sesuatu', yang bisa saya sebut sebuah karya amatir di bulan Maret 2020 ini. Di awali masa pandemi dan kebingungan untuk menyampaikan materi, maka saya membuat video seperti ini untuk siswa saya sendiri.

Lalu, saya mengikuti program PembaTIK ini. Dan nyatanya saya masuk ke level 2 dan diharuskan membuat Vlog yang cukup membuat saya stres dan sakit. Inilah Vlog pertama saya dengan segala keterbatasan.

Sakit karena vlog PembaTIK level 2, ternyata tidak membuat saya kapok. Saya merasa tertantang untuk mengikuti Pembatik level 3 dan oh iya pada saat itu saya juga mengikuti MembaTIK 2020 juga. Belajar dari pengalaman PembaTIK level 2 dan menghadapi setiap tugas PembaTIK level 3 dan MembaTIK 2020. Saya mencari banyak tutorial dan mengikuti kelas membuat video pembelajaran. 
Saya menemukan Pelatihan Sagusanov Kinemaster yang diadakan oleh IGI dan inilah video pembelajaran itu.
Tidak cukup sampai situ, saya masih membuat video secara sederhana. Merasa kurang, saya mengikuti pelatihan lain lagi tentang video pembelajaran SAGUSAVI masih dengan penyelenggara IGI. Kali ini saya sudah kenal dengan Sony Vegas, tapi laptop tidak mendukung.saya kombinasi antara edit vegas dengan Kinemaster. Dan inilah hasil video tersebut.

Di PembaTIK level 3, saya langsung membuat video pembelajaran tanpa pikir panjang, karena ini seiring dan bertepatan dengan deadline dari Membatik yang saya ikuti. dan inilah Video Pembelajaran yang saya kirimkan ke PembaTIK level 3, masih menggunakan Kinemaster.

Dan ini adalah video kenekatan saya ikut MembaTIK 2020 hanya dengan Kinemaster. oh ya video aslinya tidak saya upload di youtube. ini adalah video konten sama tapi tampilan dan versi yang berbeda. Ini perlu digarisbawahi. Video di bawah ini bukan video yang saya kirim untuk MembaTIK 2020. berbeda.

Selesai dengan PembaTIK level 3 dan MembaTIK 2020, sambil menunggu pengumuman Pembatik saya mencoba mengikuti pelatihan video animasi dengan menggunakan Sparkol Video Scribe. Dan inilah hasil video tersebut.

Setelah pengumuman PembaTIK level 3 dan ternyata masuk ke jajaran peserta level 4 di Kepulauan Riau, belajar oprek video dengan Filmora. Dan inilah hasil Video Pembelajaran saya dengan Filmora pertama saya.

Merasa nyaman dengan mainan baru, mencoba membuat video flyer untuk sosialisasi Rumah Belajar dengan Filmora. (Eh..ini termasuk karya bukan sih?)

dan

Saya bukanlah ahli dalam membaut Video Pembelajaran. Saya suka belajar dari Youtube, selama ini saya sebagai penikmat dan ingin memproduksi sendiri sesuai keilmuan saya. Saya akan terus belajar dan belajar untuk menjadi baik dalam membuat video pembelajaran.
Saya sempat terfikir untuk belajar membuat Media Pembelajaran Interaktif. Tapi seorang teman mengingatkan "Lebih baik ahli dalam sebuah bidang dan kamu menjadi master, daripada kamu bisa menguasai banyak hal"
Dan, saya memutuskan, saya mau jadi master. Meskipun perjalanan itu masih jauh. And lets begin the journey with PembaTIK dan Rumah Belajar.

You Might Also Like

0 komentar