BERSAMA RUMAH BELAJAR SERI #6: MENGENAL BUDAYA BANGSA SAAT TAK BISA KELILING INDONESIA MELIPIR KE PETA BUDAYA AJA

Oktober 05, 2020

 

Anak tahun ’90 an pasti kenal dong RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap) dan kawan eratnya RPAL (Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap). Dua buku itu adalah si kembar yang tak bisa dipisahkan di dalam tas sekolah saya saat SD dulu.

Anak Milenial generasi 2000an apakah masih mengenal si kembar RPAL dan RPUL? Sepertinya tidak, fungsi RPUL dan RPAL sendiri sudah digantikan oleh si serba pintar “Google” atau “Youtube”. Lebih cepat, lebih ringkas dan lebih praktis.

Dalam RPUL sendiri menyimpan semua informasi umum seperti negara dan ibukotanya, provinsi dan ibukotanya, sungai terpanjang, gunung, rumah adat, senjata, tarian tiap provinsi dan masih banyak lagi pengetahuan umum lainnya.

Nah. Di portal Rumah Belajar ada fitur yang bernama Peta Budaya. Yang bisa menggantikan sedikit fungsi dari RPUL itu sendiri di bagian kebudayaan Indonesia. Petabudaya adalah satu fitur pendukung dari Rumah Belajar yang menyajikan banyak sekali konten kebudayaan nasional Indonesia. Disajikan dalam bentuk Peta Tematik interaktif yang dapat menampilkan informasi kebudayaan ditiap-tiap provinsinya.

Tampilan dari fitur ini adalah peta Indonesia berwarna kuning muda yang akan menunjukkan kepada anda, kebudayaan apa yang akan kita temukan saat kira menyentuh peta Indonesia berdasarkan provinsinya. Konten kebudayaan disajikan juga berdasarkan pulau dan provinsi di menu pilihan bar sebelah kiri.

Saat kita memilih sebuah konten budaya suatu daerah akan tersedia dua pilihan, yaitu untuk melihat dan membaca konten atau mengunduh isi konten tersebut. Dalam konten sebuah budaya lengkap dijelaskan mengenai sejarah dari budaya, asal, karaktersitik dari budaya tersbut dan penjelasan lainnya terkait dengan budayanya.

Jika kita ingin mendownload konten peta budaya, kita harus login terlebih dahulu. Kita bisa mendaftar baru atau login dengan menggunakan akun Rumah Belajar. setelahnya kita dapat menikmati isi konten lengkap dari peta budaya.

Fitur rumah belajar ini cukup untuk memberikan informasi sebuah kebudayaan nasional dengan terperinci. Cukup memudahkan untuk mencari informasi sebuah kebudayaan dalam satu situs tanpa harus mengobrak-abrik situs-situs di search engine.

Fitur ini cocok digunakan oleh guru Sosiologi Antropologi, Seni Budaya, guru geografi, guru SD dan guru IPS. Dan untuk siswa, yang memiliki tugas Sosiologi-antropologi, senibudaya, geografi maupun IPS bisa dijadikan solusi untuk menyelesaikan penugasan tersebut.

Silahkan mencoba dan mengunjungi web dari peta budaya. atau kalian juga bisa menikmatinya langsung di aplikasi Rumah Belajar yang sudah kalian instal di Smartphone kalian. Selamat berselancar dan menjelajah Indonesia untuk tahu lebih mendalam tentang negeri kita tercinta.

Salam dari saya SRB Kepri 2020-Riani Rohmawati


#pembatik2020 #rumahbelajar #pembatiklevel4 #majuIndonesia #merdekabelajar #kepriterdepan

 

You Might Also Like

0 komentar