SERI RUMAH BELAJAR #1 DALAM TATAP MAYA- NGGOSIPIN SERUM- Ngobrol Asik dan Santai Bersama Seri Rumah Belajar Awal dari Semua Semangat

Oktober 09, 2020


Rabu, 7 Oktober 2020 adalah pertama kalinya saya menggunakan kelas virtual dan saya sebagai host atau pembuat pertemuan. Ah iya, sebelumnya pernah dengan google meet dengan siswa saat MPLS sekolah dan Umeetme saat kelas.

Tapi kali ini sangat berbeda. Tatap Maya kali ini bersama bapak-ibu guru hebat dan membahas tentang Rumah Belajar. Ketika membuat Flyer kegiatan hingga menyebarkannya, saya masih membayangkan bagaimana kegiatan nanti.

Kekhawatiran pertama adalah, apabila Zoom meeting nanti terhenti di tengah jalan. Meskipun sebelumnya sudah mendapat solusi dari seorang kawan, dengan menggunakan zoom meeting yang terintegrasi dengan Microsoft teams. And, Its working. Alhamdulillah sebelum hari pertemuan tatap maya itu, saya dan Dian Ariani selaku host di kegiatan ini melakukan uji coba dan berhasil lebih dari 1 Jam.

Meski demikian kekhawatiran itu masih ada. Sehingga, saya mengatur pertemuan satu jam sebelum pertemuan ini benaran terjadi. Setelah  40 menit, sedikit lega ketika notifikasi perpanjang dan upgrade waktu muncul. Yeeee….

Pertemuan virtual Nggosipin Serum
Melalui pendaftaran yang masuk ke google form hanya terdaftar 10 peserta saja, meskipun ada beberapa yang masuk dan mendaftar ke nomor Whatssap saya. Terlihat di layar zoom saat, jumlah peserta flukuatif. Maksimal ada sekitar 21 orang. Dan kesibukan saya selain memaparkan materi adalah control ruangan zoom, banyak peserta yang terlempar dan masuk kembali ke ruangan. Termasuk host pada kali ini Dian Ariani.

Terlihat di layar saya pun sering sekali terlihat notifikasi bahwa jaringan saya tidak stabil. Tapi keterbatasan itu tidak menyurutkan langkah kami. Pertemua virtual ini berjalan lancar hingga acara ini berakhir yaitu pukul 11.30 WIB,yang dimulai pada pukul 10.15 WIB.

Selama acara ini berlangsung, interaksi berjalan dua arah. Diskusi tentang Pembelajaran Jarak Jauh selama ini di masing-masing sekolah. Tanya Jawab tentang Rumah Belajar dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Jarak Jauh.

Sesuai dengan Tema Acaranya yaitu Ngobrol Asik dan Santai, maka diskusi dan pembahasannya pun dikemas secara santai dan interaktif. Ada beberapa pertanyaan menarik dan pernyataan menarik yang muncul dalam acara Ngobrol kali ini. Seperti:

“Bagaimana sih Cara memotivasi rekan-rekan guru di sekolah untuk terus belajar?”

“Bagaimana dengan rumah belajar apakah harus online?

“Apakah untuk berbagi sendiri seperti ini kita memerlukan kemampuan Public Speaking?”

Ya. Beberapa guru yang hadir di ruangan tatap maya ini baru mengenal rumah belajar dari pemaparan ini. mereka cukup tertarik dengan rumah belajar tapi masih kebingungan dengan bagaimana cara menyampaikan ke rekan guru dan kepala sekolah untuk menggunakan portal Rumah Belajar sebagai solusinya.

Bahkan ada pernyataan dari seorang guru “Bagaimana saya harus menyampaikan ke guru lain? Selama ini kami hanya menggunakan Whatsapp. Dulu HP di sekolah saya adalah Haram sekarang harus digunakan. Bagaimana saya memulainya?”

Atau sebuah celoteh ringan dari teman guru melalui whatsapp pribadi saya tentang dia ingin dan tertarik dengan RumahBelajar tapi bagaimana lagi kondisi sekolah tidak memungkinkan untuk menggunakan itu. Seperti tampak dalam kutipan chat berikut.

Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, tak ada kendala yang menghalangi kegiatan. Segala kekhawatiran yang terjadi tidak terjadi. Kehadiran peserta kali ini memberikan arti yang luar biasa buat saya. Membangkitkan semangat dan kepercayaan diri kembali. 

Banyak keterbatasan yang memenjarakan kita dalam sebuah keadaan. Terutama memenjarakan pikiran kita. Sampai kapan kita terbelenggu dalam keterbatasan yang kasat mata? Hanya kita sendiri yang mampu mengeluarkan kita dari belenggu keterbatasan itu. Pasti dan selalu ada solusi.

Solusi untuk pembelajaran ya Rumah Belajar.

Link Absen Ngoosip Serum

semuanya saya share di Facebook dan Instagram

Salam Rumah Belajar dari saya SRB Kepulauan Riau 2020-Riani Rohmawati

#RumahBelajar #PembaTIK2020 #PembaTIKleve4

You Might Also Like

0 komentar