TATAP MAYA #2 SERI RUMAH BELAJAR-BERBAGI SUMBER BELAJAR KE KAMPUNG SENDIRI, PELIPUR HATI ANAK RANTAU

Oktober 10, 2020

 


Rabu, 07 Oktober 2020. Setelah virtual meeting pertama saya berakhir, rasa lelah melanda. Ya, virtual meeting memang terlihat sederhana saja memang. Tapi rasa khawatir berlebihan tentang pertemuan esok seperti, jika zoom mati bagaimana? Jika jaringan payah bagaimana? Jika tak ada peserta bagaimana? Itu semua menguras tenaga. Hingga saya memutuskan untuk istirahat dengan tidur siang.

Bangun dari tidur siang, dikejutkan dengan sebuat chat di Whatsapp dari seorang SRB dari Jawa Tengah, Nur Isnaini. Usut punya usut, dia mendapatkan kontak saya dari seorang kawan yang mengikuti virtual meeting saya tadi. Ibu Nur Isnaini bermaksud mengajakku untuk kolaborasi. Kebetulan ternyata kami satu jurusan dan satu kampus, Cuma beda angkatan.

Proses perkenalan kami unik, yaitu saling menunjukkan video pembelajaran yang telah kita buat masing-masing. Dan kita saling sepakat untuk mengadakan kolaborasi dengan melihat hasil dari video editan masing-masing diantara kita. Jujur, aku terkesima dan tertarik untuk belajar dari ibu Isna ini dalam membuat video pembelajaran. Jangan Tanya video siapa paling bagus, pastinya video bu Isna ini lah. Jauh, She is Pro. hahaha

Buat saya sendiri, ini adalah pelipur lara saya karena masih belum mendapatkan jawaban dari MGMP mata pelajaran saya. Saya menunggu persetujuan untuk mengadakan pengimbasan PembaTIK atau sosialisasi Rumah Belajar yang kebetulan tentang pembuatan video pembelajaran. Sambil menunggu itu, ajakan kolaborasi dari bu Isna seperti obat. Langsung saya kembali mengontak ketua MGMP Geografi Kab. Tegal untuk menyebarkan flyer kegiatan kolaborasi saya dengan ibu Isna SRB-Jawa Tengah.

Jumlah peserta diluar perkiraan saya, sekitar 40 peserta. Untuk kita yang baru berkenalan di sore hari, dan sepakat untuk besok siangnya pukul 13.0 WIB kita melakukan virtual meeting. Flayer langsung dibuat, link pendaftaran dan daftar hadir serta ruang zoom pun ditentukan dan langsung sebar flyer ke setiap grup yang kita miliki. yang lebih membuat terkejut, ada beberapa peserta adalah bapak/ibu dosen almamater kami berdua. UNNES. She is awesome, isn't she?

link Absen: klik disini

Kegiatan ini bertajuk Pembuatan Video Pembelajaran Terintegrasi dengan Rumah Belajar. Yah, dalam tatap maya kali ini kita berbagi mengenai pengalaman kami berdua dalam membuat video pembelajaran. Kolaborasi SRB Jawa Tengah dan SRB Kepulauan Riau kali ini diawali oleh saya yang memaparkan fitur-fitur rumah belajar terutama yang kebih spesifik ke sumber belajar

Saya memaparkan bahwa dalam fitur ketersediaan media ajar yang ada di sumberbelajar. Menunjukkan bahwa ketersediaan media ajar untuk materi geografi masih minim. Mengajak bapak/ibu guru untuk berpartisipasi dalam memeriahkan materi ajar di sumber belajar dengan membuat dan mengupload media ajar ke fitur rumahbelajar tersebut.

Dilanjutkan oleh pemaparan dari Ibu Nur Isnaini memaparkan proses pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan Filmora. Diskusi pun berjalan menarik seputaran pembuatan video pembelajaran. Meskipun berulangkali saya harus terlempar dari ruang pertemuaan karena sinyal yang naik turun ini. cukup memalukan.

Banyak pertanyaan tentang membuat video pembelajaran seperti aplikasi mana yang paling nyaman digunakan dan bagus. Dan bagaimana cara menghilangkan greenscreen di kinemaster. Dan masih banyak lagi pertanyaan lain terkait dengan pembuatan video pembelajaran.

Youtube. Dokumentasi kegiatan VICON

Saat diskusi  dan menjawab pertanyaan penanya, saya berulang kali terlempar dari pertemuaan. Dan itu cukup membuat tak enak hati. Tapi tak mengapa, di akhit pertemuan saya mengatakan bahwa bukan alasan karena keterbatasan saya di daerah perbatasan membuat saya berhenti melakukan sesuatu. Bukan alasan bahwa keterbatasan pengetahuan saya membuat saya tidak berbagi apapun yang saya miliki.

Lakukan Apapun yang bisa kita lakukan. Lakukan semampu kita, sebisa kita tak harus menunggu kita lebih dan lebih lagi. Sekarang adalah waktu yang tepat. Salam Rumah Belajar

 Link Absen Kegiatan

Kegaitan di Instagram dan Facebook


 #RumahBelajar #PembaTIK2020 #PembaTIKlevel4 #guruberbagi

You Might Also Like

0 komentar