TATAP MAYA #6 - TRIO SRB SENAYANG, PERDANA SEBAGAI NARASUMBER PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA AJAR DAN RUMAH BELAJAR

Oktober 18, 2020


Sore itu, saya ditelpon teman seperjuangan saya sesame SRB Dian Ariani. Dia mengabari bahwa kita diminta mengisi pelatihan 3 hari, dan dia minta kita untuk berdiskusi tentang format kegiatan dan juknis juklaknya. Tidak hanya kami berdua, kami menggandeng ibu Dewi Hidayati sesame rekan SRB dan jadilah kami Trio Senayang, Perdana dalam Pelatihan Dibawah Bendera Sahabat Rumah Belajar Kepri Bersponsor MGMP Biologi Kabupaten Lingga.

Tugas dibagi, siapa yang membuat flyer, daftar hadir, link pendaftaran, Jadwal kegiatan, Juklak dan Juknis hingga ruangan zoom. Kami semua tidak berekspektasi, termasuk ketua pelaksana, ketua MGMP Biologi, bapak Mariono, S.Pd. Tak disangka hingga hari pelaksanaan tanggal 14 Oktober, jumlah pendaftar yang masuk 176 peserta. Dan itupun kami masih menolak beberapa peserta yang ingin menyusul begabung. link Absensi: klik disini

Kegiatan ini bertajuk Pengembangan Media Ajar Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Abad 21, yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 tanggal 14 Oktober 2020 samapai tanggal 16 Oktober 2020.  Berikut rincian kegiatan pelatihan ini.

Sesi

Waktu

Kegiatan

Narasumber

Rabu, 14 Oktober 2020

Host  : Riani Rohmawati, S.Pd

Moderator : Dewi Hidayati, S.Pd I

 

08.00 – 8.15

Sambutan Ketua Panitia

Bpk. Mariono, S. Pd

1

08.15 – 08.30

Sambutan Korwas dan Pembukaan Pelatihan

Bpk. Ajid Sajidullah, S. Pd

2

08.30 – 09.15

Kebijakan Pembelajaran Masa Pandemi

Bpk. Ajid Sajidullah, S. Pd

3

09.15 – 09.30

Pengenalan Portal Rumah Belajar

Dian Ariani, S. Pd, Gr

4

09.30 – 09.45

Pemanfaatan Kelas Maya saat Masa Pandemi

Riani Rohmawati, S. Pd

5

09.45 – 10.30

Pengenalan Aplikasi Kinemaster

Dian Ariani, S. Pd

Kamis, 15 Oktober 2020

Host : Dewi Hidayati, S. Pd I

Moderator : Dian Ariani, S. Pd, Gr

6

08.00 – 09.00

Penilaian DUPAK

Bpk. Samsul Hadi, M. Pd

7

09.00 – 10.30

Pengembangan Ide Kreatif dan Pengambilan Gambar

Riani Rohmawati, S. Pd

Jumat, 16 Oktober 2020

Host : Dian Ariani, S. Pd, Gr

Moderator : Riani Rohmawati, S. Pd

8

08.00 – 08.30

Rahasia Ikut Pelatihan Gratis dari Kemdikbud

Dewi Hidayati, S.Pd I

9

08.30 – 09.30

Editing Video dan Publish

Dewi Hidayati, S.Pd I

 

09.00 – 10.00

Penutupan

Bpk. Mariono, S. Pd


Kegiatan ini gratis, alasan banyak peserta karena ada bonus mendapatkan sertifikat 32 JP dari MGMP Biologi, karena acara ini didukung penuh oleh MKKS Kabupaten Lingga dan Pengawas Kabupaten Lingga. Pelaksaanaan zoom meeting hanya untuk teori saja, sedang kan prakteknya, peserta didik diminta memiliki akun di portal rumah belajar, membuat storyboard video pembelajaran dan membuat video pembelajaran berbasis Android dengan menggunakan Kinemaster.

Kegiatan praktek membuat video pembelajaran didampingi secara mandiri melalui WA Grup. Dimana narasumber mendampingi setiap kesulitan dan kendala dari peserta dalam membuat video pembelajaran. Tenggat waktu pengumpulan video pembelajaran adalah 10 hari yaitu tanggal 24 Oktober 2020.

Di hari pertama, kami lebih konsen menyampaikan mengenai portal rumah belajar dan fitur-fiturnya. ditambah dengan pemaparan dari Koordinator Pengawas Kab. Lingga, Bapak Ajid Sajidulloh, S. Pd menambah khasanah keilmuan peserta. Hari pertama berjalan cukup lancar, dengan beberapa evaluasi demi perbaikan di kemudian hari. 

Karena Jumlah peserta melebihi kapasitas ruangan Zoom, yang hanya berjumlah 100 peserta, maka kami menyediakan streaming youtube untuk peserta yang tidak bisa masuk ke zoom dan terkendala ke sinyal yang tidak memadai. Saya menikmati tugas dihari pertama sebagai host, di ruang kendali belakang, meskipun saya harus menyampaikan materi mengenai pemanfaatan kelas maya.

Di Hari kedua, pak Samsul Hadi, sebagai penilai DUPAK menyerukan angin segar. Ternyata video pembelajaran berdurasi 15 menit masuk dalam karya inovatif dan mendapatkan 1 angka kredit. Sedangkan video pembelajaran berdurasi 30 menit senilai dengan 2 angka kredit. Pengumuman itu tentu disambut gempita oleh bapak/ibu guru peserta pelatihan.


hari ini saya sebagai pemateri untuk ide kreatif dan pengambilan gambar. saya rindu memantau kontrol room.hahaha.. saya mengajak bapak/ibu peserta untuk membuat storyboard sebelum syuting dan bermain-main mengambil gambar dengan angle dan type shoot yang akan kita gunakan untuk membuat video pembelajaran nanti.



Dihari ketiga, saya bertindak sebagai moderator dengan pemateri ibu Dewi Hidayati yang akan memaparkan tentang PembaTIK dan fitur Pengembangan Profesi Berkelanjutan dari Rumah Belajar. Dilanjutkan dengan materi editing video hingga publish video pembelajaran sebagai tugas akhir kegiatan pelatihan ini

Video pembelajaran yang dibuat bapak/ibu guru peserta diharapkan diunggah ke Youtube maupun diunggah ke akun SUmber Belajar yang telah dimiliki oleh bapak/ibu guru peserta pelatihan. Bahkan ketua MGMP Biologi meminta peserta untuk membuat video pembelajaran dengan durasi waktu 15 - 30 menit agar dapat ditindaklanjuti dengan pengajuan angka kredit.

Sebelum dan sesudah kegiatan ini, kami dibimbing dan diarahkan langsung oleh ketua MGMP Biologi Kabupaten Lingga, Bapak Mariono, S. Pd. Tapi tetap diberikan kewenangan untuk mengembangkan kegiatan dan materi sesuai dengan keilmuan dan tema yang telah kita tentukan sebelumnya

Ini adalah pertama kami melakukan pelatihan, pasti masih ada kekurangan dan permasalahan yang kami hadapi. Terlebih karena persiapan yang mendadak. Semoga kedepannya, kami lebih baik lagi dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan. Sensasi mengikuti pelatihan berbeda dengan mengisi webinar selama ini. Selama ini saya hanya sebagai peserta, belajar lalu menjadi narasumber adalah pengalaman baru dari mengikuti leveling PembaTIK ini.

Terimakasih atas kesempatannya. Salam dari saya Riani Rohmawati-SRB Kepulauan Riau 2020.

#RumahBelajar #PembaTIK2020 #PembaTIKlevel4 #sahabatrumahbelajar



You Might Also Like

0 komentar